Mitos Orang Kuno Yang Masih Ada Hingga Kini

Setiap daerah memiliki mitos yang dipercaya secara turun-temurun oleh masyarakatnya. Mitos juga menjadi bagian dari budaya tradisi yang biasanya dikaitkan dengan tetanan hidup yang mereka jalani.

Meskipun terkadang mitos ini disampaikan dengan bahasa yang irasional serta tidak bisa diterima dengan nalar dan akal yang sehat, namun pada implementasinya ada beberapa yang menjadi sebuah ajaran kebenaran agar manusia menjalankan hidup sebagaimana mestinya, menempatkan diri pada tempat yang tepat, tidak melakukan hal-hal yang sepantasnya tidak lazim dilakukan pada saat dan tempat yang tidak tepat, serta sebuah larangan agar manusia tidak salah dalam menjalankan ‘tindak-tanduknya’ dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa Mitos Orang Kuno Yang Masih Ada Hingga Kini, mari kita simak:

1. Jangan cabut uban, nanti malah tumbuh banyak

Tumbuhnya uban sebenarnya dipengaruhi oleh berbagai macam hal. Tidak hanya karena usia tua atau gen keturunan saja. Pengaruh pola makan dan kesehatan mental serta pengaruh zat kimia juga bisa memengaruhi.

baca juga artikel berikut ini : Cerita Angker Dam Oongan

Menurut sains, mencabut uban bisa menyebabkan folikel pada kulit kepala terluka dan memengaruhi rambut baru yang akan tumbuh. Rambut baru yang akan tumbuh bisa lebih tipis ataupun lebih terlihat tebal. Maka dari itu kesannya akan terlihat semakin banyak.

2. Mata bintitan, jangan-jangan kamu habis intip orang mandi ya

Pernah gak kamu diejek hanya karena bintitan? Padahal bintitan itu bukan sesuatu yang enak. Malah dituduh mengintip orang mandi. Bintitan sendiri timbul karena adanya bakteri dalam mata. Sehingga menimbulkan infeksi.

Bisa juga terjadi karena sebagai bentuk reaksi alergi pada suatu zat makanan, misalnya protein. Pengobatannya sangat sederhana, bahkan ada yang tidak memerlukan tindakan khusus. Tapi apa hubungan bintitan dengan mengintip orang mandi ya?

 

baca juga artikel berikut ini : 3 Tempat paling Mangerikan Di Surabaya

3. Jangan berisul kalau malam, Nanti dikunjungi hantu

Masih ada yang sampai sekarang takut dengan suara siulan, suara anak ayam atau suara orang menyapu memakai sapu lidi di malam hari? Suara-suara tersebut sangat erat hubungannya dengan kemunculan sosok yang sangat akrab kita dengar sebagai kuntilanak.

Padahal orangtua melarangmu bersiul pada malam hari hanya semata-mata karena mengganggu orang yang sedang tidur. Melarang menyapu malam hari dengan sapu lidi selain suaranya berisik, juga belum tentu akan sebersih saat kita melakukannya pada pagi hari.

Pertanyaan yang timbul, kenapa dari banyaknya jenis makhluk halus, kuntilanak harus dikaitkan dengan mitos ini ya?

Nah, itulah beberapa Mitos Orang Kuno Yang Masih Ada Hingga Kini. semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.