Mitos Kota Gaib Saranjana di Kalimantan Selatan

Kisah kota gaib yang punya peradaban maju mungkin sudah nggak asing lagi di telinga. Di Indonesia sendiri ada sejumlah kota tak kasat mata yang melegenda, salah satunya Kota Saranjana.

Kota Saranjana diyakini ada di Desa Okaoka, Kecamatan Pulau Laut Kelautan, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Kota itu dikenal angker oleh penduduk sekitar. Konon menurut cerita, Saranjana adalah kota yang sangat maju dengan jalan lebar dan gedung-gedung tinggi.

Padahal daerah di sana hanya bukit yang didominasi hutan. Anehnya lagi Kota Saranjana tidak pernah tercatat dalam peta administratif Kabupaten Kotabaru.

Berikut ini adalah beberapa Mitos Kota Gaib Saranjana di Kalimantan Selatan, mari kita simak:

1. Kota besar nan megah

Ada sejumlah orang yang mengaku pernah melihat dan pergi kota ini. Menurut cerita, Kota Saranjana sangat maju. Banyak gedung-gedung tinggi dan jalan besar. Penduduknya juga sangat kaya dan hidup makmur.

Ada satu cerita yang sangat terkenal soal kota tak kasat mata ini. Pada 1980, pemerintah setempat dikejutkan dengan kedatangan alat berat dan truk-truk besar di Pulau Laut. Alat-alat itu dipesan dari Jakarta dan pembelinya mencantumkan alamat Kota Saranjana. Seluruh alat berat itu sudah dibayar lunas, padahal saat itu harga truk dan alat berat sangat mahal.

baca juga artikel berikut ini : 3 Hantu Thailand Paling Seram

Nah di tahun yang berbeda, warga Kotabaru juga sempat dihebohkan dengan kedatangan mobil-mobil mewah yang dipesan dari Jakarta dan telah dibayar lunas. Tapi lagi-lagi pembeli mencantumkan alamat Kota Saranjana.

2. Banyak orang hilang

Cerita tentang kemegahan Kota Saranjana di pedalaman Kalimantan membuat banyak orang penasaran. Nggak cuma megah, kota itu disebut-sebut mengikuti perkembangan zaman dan punya berbagai fasilitas hiburan layaknya kota besar lain. Karena itulah banyak wisatawan yang nekat mencari keberadaan kota tersebut.

Konon, pintu gerbang menuju Saranjana berada di tengah hutan di selatan Pulau Laut. Orang-orang yang pergi melewati gerbang Saranjana kabarnya tidak pernah kembali karena terlanjur nyaman dengan kemegahannya. Selain itu ada mitos yang menyebut seseorang tidak boleh menggunkan baju merah dan kuning saat pergi ke Pulau Laut.

 

baca juga artikel berikut ini : Cerita Horor yang Viral Di Media Sosial

3. Wajah penduduknya khas

Penduduk Kota Baru percaya Kota Seranjana di selatan Pulau Laut jadi tempat tinggal makhluk halus. Biarpun dihuni makhluk halus, penduduk Kota Saranjana berwujud seperti manusia. Konon orang-orang di sana jauh lebih rupawan. Penduduk Saranjana punya fitur wajah khas yang membedakan mereka dengan warga lokal Kalimantan.

Nah, itulah beberapa Mitos Kota Gaib Saranjana di Kalimantan Selatan. semoga pembahasan kita kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.