Misteri Yang Tersimpan Di Kebun Raya Bogor

Nama Kebun Raya Bogor sepertinya sudah pernah didengar oleh hampir semua rakyat Indonesia. Sebagai tempat wisata dengan luas mencapai 87 ha, Kebun Raya Bogor menyajikan banyak pilihan bagi yang ingin mengunjunginya.

Dari mulaiĀ  melihat keindahan alam sampai sisa peninggalan sejarah tersaji di sana, tinggal yang mana yang ingin kita pilih. Terlepas dari berbagai keindahan dan peninggalan untuk melihat sejarah di masa lalu, Kebun Raya Bogor juga menyimpan banyak misteri.

Dengan banyaknya wilayah yang berupa hutan dan tempat-tempat yang nggak ditinggali penduduk, kesan misteri di beberapa titik di wilayah Kebun Raya Bogor nggak bisa dihindari.

Berikut ini adalah beberapa Misteri Yang Tersimpan Di Kebun Raya Bogor, mari kita simak:

  1. Pohon Pengikat Tali Jodoh

Kebun Raya Bogor bisa menjadi destinasi menarik bagi semua kalangan. Banyaknya lokasi yang bisa dikunjungi menjadi salah satu alasannya. Bisa berangkat bersama keluarga, teman bahkan pasangan.

Menyenangkan bukan bisa berlibur sejenak ke tempat yang bisa menyegarkan pikiran kita dengan pemandangan alam yang hijau tapi lokasinya nggak terlalu jauh dari kota?

baca juga artikel berikut ini : 3 Rumah Sakit Paling Angker di Jawa Timur

Bagi yang pergi ke Kebun Raya Bogor bersama pasangan, salah satu tujuan yang paling terkenal untuk dikunjungi adalah pohon pengikat tali jodoh. Di antara dua pohon besar yang berdiri dan usianya sudah ratusan tahun ada sebuah bangku yang terbuat dari kayu.

Mitosnya, kalau ada sepasang kekasih duduk di bangku tersebut maka hubungan mereka akan melangkah jauh bahkan bisa sampai ke pelaminan. Filosofinya yaitu kedua orang itu akan tumbuh bersama-sama dalam waktu yang lama seperti dua pohon yang berada di belakang bangku.

Misteri yang nggak bisa dibuktikan secara sains tetapi diyakini kebenarannya oleh sebagian orang.

  1. Jembatan Merah

Dengan lokasi yang luas, Kebun Raya Bogor dahulu kala memerlukan sebuah jembatan untuk menghubungkan dua lokasi yang terpisah. Pembangunan jembatan itu dilakukan ketika Kebun Raya Bogor melakukan renovasi dan ekspansi.

Akhirnya dibangunlah jembatan yang panjangnya antara 25 sampai 30 meter dengan warna merah terang, oleh karena itu diberi nama jembatan merah. Dari bentuknya nggak ada yang terlalu spesial karena hanya rangka bergantungan dengan kawat tebal. Jembatan merah mempunyai mitos tersendiri.

Uniknya mitosnya berkebalikan dengan pohon pengikat tali jodoh. Jembatan merah justru dihindari oleh pengunjung yang datang bersama pasangannya.

Konon, kalau ada sepasang kekasih berjalan melewati jembatan ini maka hubungan mereka nggak akan berlangsung lama. Belum ada yang tahu asal mitos itu, tapi berdasarkan keterangan di sungai di bawah jembatan itu sering ditemukan mayat pejuang ketika zaman penjajahan Belanda.

 

baca juga artikel berikut ini : 3 Tempat Paling Menyeramkan Di Malang

  1. Kompleks Pemakaman Ratu Galuh Mangku Alam

Selain menjadi tempat wisata, di Kebun Raya Bogor juga terdapat kompleks pemakaman Ratu Galuh Mangku Alam. Beliau adalah istri dari Prabu Siliwangi. Bagi yang belum tahu, Prabu Siliwangi adalah penguasa Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh yang terkenal mahir dalam berperang dan menguasai ilmu senjata.

Kompleks pemakaman Ratu Galuh Mangku Alam di Kebun Raya Bogor dihiasi oleh pohon-pohon yang rindang di atasnya. Kompleks itu terlihat teduh bahkan di siang yang begitu terik, tapi juga ada kesan gelap. Selain itu, di sekitar kompleks juga nggak banyak suara yang bisa didengar sehingga terdengar begitu sunyi.

Ketika malam hari, banyak yang nggak mau melewati wilayah itu, termasuk para penjaga malam. Konon pernah ada yang melihat sosok harimau di kompleks pemakaman. Harimau itu diyakini sebagai perwujudan suami Ratu Galuh Mangku Alam yaitu Prabu Siliwangi.

Nah, itulah beberapa Misteri Yang Tersimpan Di Kebun Raya Bogor. Semoga pembahasan kita kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.