Misteri Waduk Gondang yang Berada di Lamongan

Beberapa waduk yang berada di Indonesia memang terkenal angker. Tengok saja Waduk Jatigede yang berada di Sumedang. Masyarakat sekitar percaya bahwa Waduk Jatigede kerap kali meminta tumbal.

Bukan hanya laut selatan saja yang terkenal dengan unsur gaibnya, ternyata sejumlah waduk yang notabene adalah perairan buatan pun tak luput dari terror mahluk gaib.

Asal-usul Waduk Gondang

Jika Waduk Jatigede dibangun pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo, Waduk Gondang ini sudah ada sejak puluhan tahun silam. Ya, Waduk Gondang dibangun pada masa order baru ketika Indonesia berada di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto.

Waduk Gondang adalah satu dari sejumlah waduk lainnya yang menandakan berkembangnya pembangunan di dalam negeri.

Waduk yang menelan biaya pembangunan hingga 14,092 milyar rupiah ini dibangun untuk pengairan sawah di Kabupaten Lamongan, terutama saat musim kemarau. Selain untuk keperluan irigasi, Waduk Gondang dimanfaatkan untuk budidaya ikan dan pariwisata.

baca juga artikel berikut ini : 2 Misteri Pantai Pangandaran Yang Terkenal

Misteri Nyai Gondang Sari, pemimpin mahluk gaib di Waduk Gondang

Misteri Waduk Gondang yang satu ini memang cukup terkenal di kalangan masyarakat. Konon, ada sosok mahluk astral yang dipercaya sebagai pemimpin mahluk gaib yang berada di Waduk Gondang, yaitu Nyai Gondang Sari.

Sosok ini kadang-kadang menampakkan diri pada masyarakat sekitar dengan wujud seorang wanita cantik bak putri kerajaan. Wujud wanita cantik ini biasanya hadir pada saat bulan purnama penuh.

Namun, terkadang sosok ini menampakkan diri dengan wujud siluman ular atau banaspati, yakni bulatan api yang dapat terbang ke sana kemari.

Tumbal yang diminta mahluk gaib penghuni waduk

Ketika ada kasus orang-orang tenggelam di perairan, pasti kabar yang beredar adalah peristiwa tersebut adalah kehendak dari mahluk gaib perairan tersebut yang meminta tumbal. Misteri Waduk Gondang mengenai sejumlah orang yang tenggelam di sini juga dihubung-hubungkan dengan mahluk astral penunggu waduk.

Di tahun 2015, sebuah perahu yang membawa 11 penumpang tenggelam di Waduk Gondang. Beruntung 9 orang penumpang berhasil ditemukan dengan selamat, sedangkan 2 penumpang lainnya dinayatakan hilang sampai saat ini.

baca juga artikel berikut ini : 3 Tempat Paling Angker Di Garut

Kronologi perahu tenggelam ini cukup dramatis layaknya sebuah film horror. Mesin perahu mati secara tiba-tiba dan seketika angin besar datang sehingga menyebabkan timbulnya ombak di waduk yang tadinya tenang ini. Sontak perahu langsung terbalik dan seluruh penumpang terjatuh ke dalam waduk.

7 tahun sebelum peristiwa perahu dengan 11 penumpang yang tenggelam ini juga ada kejadian yang serupa. Seorang bernama Maman tengah asyik menikmati pertunjukan musik dangdut di area wisata Waduk Gondang bersama kedua orang temannya.

Setelah bosan menikmati pertunjukan musik, Maman dan teman-temannya pergi ke tepi waduk dan menemukan perahu yang tidak ada pemiliknya.

Maman dan teman-temannya memutuskan untuk naik perahu dan berjalan-jalan mengitari waduk. Tidak jauh dari tepi waduk, tiba-tiba perahu yang mereka naiki oleng dan tidak bisa menjaga keseimbangan.

Semua penumpang tercebur ke dalam waduk. Akan tetapi, kedua teman Maman bisa berenang, sedangkan Maman tidak bisa. Akhirnya, Maman tenggelam di Waduk Gondang. Butuh waktu 7 jam pencarian sebelum tim SAR berhasil menemukan jasad Maman yang sudah tak bernyawa.

Konon, korban tenggelam yang kehilangan nyawanya di Waduk Gondang ini adalah tumbal yang diminta oleh penghuni gaib waduk. Ada yang didasari karena tumbal, ada juga mahluk halus yang dendam terhadap manusia sehingga berusaha mengambil nyawa manusia.