Misteri Tentang Sejarah Keris Setan Kober

Keris merupakan salah satu benda pusaka yang menjadi peninggalan bersejarah dari orang-orang terdahulu di jaman kerajaan. Keris ini dikenal sebagai senjata orang-orang di jaman kerajaan atau jaman terdahulu, sehingga di masa sekarang ini keris menjadi benda pusaka yang menyimpan banyak legenda dan sejarah.

Pada jaman dahulu, pusaka keris ini digunakan oleh orang-orang kerajaan untuk menghadapi perang atau sebagai senjata untuk membela diri. Salah satu keris yang sangat legendaris dan cukup dikenal pada masa terdahulu adalah keris setan kober yang dimiliki oleh adipati Jipang, Arya Penangsang.

Legenda Keris Setan Kober

Setan kober ini merupakan senjata andalan milik Arya Penangsang yang sering dikenal dengan sebutan kyai setan kober. Konon katanya keris ini dibuat oleh seorang empu yang sangat lihai dan pandai dalam pembuatan dan menciptakan benda-benda semacam keris ini, atau benda pusaka.

Empu ini sudah sangat sering membuat benda-benda pusaka semacam keris dan yang lainnya. Empu ini adalah seorang dari Tuban, yaitu empu Supo Mandrangi. Empu Supo Mandrangi ini kemudian memeluk agama islam dan menjadi murid dari Sunan Ampel.

 

baca juga artikel berikut ini : 4 Kisah Mistis Tentang Gunung Bromo

Dengan berbekal kemampuannya menciptakan benda-benda pusaka, empu Supo Mandrangi ini kemudian membuat keris setan kober yang sengaja dipersembahkan untuk Sunan Kudus yang tidak lain adalah Sultan dari Demak.

Sunan kudus ini memiliki 3 murid yang sakti, salah satunya adalah Arya Penangsang. Arya penangsang ini merupakan murid yang memiliki kesaktian hebat dan merupakan murid kesayangan Sunan Kudus. Kemudian keris buatan empu Supo ini diberikan kepada Arya Penangsang oleh Sunan Kudus.

Keris ini lalu menjadi senjata andalan miliki Arya Penangsang yang kemudian digunakan untuk membalas kematian ayahnya. Dalam babad Jawa menceritakan bahwa Arya Penangsang ini bermusuhan dengan saudaranya sendiri yaitu Sultan Pajang atau mas Karebet.

Latar belakang dari permusuhan keduanya ini adalah tidak lain mengenai daerah kekuasaan. Arya Penangsang ini berusaha untuk menguasai Pajang sehingga sudah lama merencanakan untuk membunuh mas Karebet. Namun usahanya tidak pernah berhasil.

Arya Penangsang ini juga membunuh saudaranya yang lain dan juga Kalinyamat, sehingga hal ini menimbulkan permusuhan diantara keduanya dan juga dendam dari istri Kalinyamat.

baca juga artikel berikut ini : Ciri Pohon Tempat Bersarangnya Para Makhluk Halus

Hal ini lah yang kemudian mendorong Sultan Pajang untuk mengadakan sayembara. Dalam sayembaranya menyebutkan bahwa siapa saja yang dapat membunuh Arya Penangsang ini akan diberikan daerah kekuasaan atas Pati dan Mataram.

Dengan senjata andalan kyai setan kober, Arya Penangsang berhasil meluluh lantahkan wilayah Pajang dan mengalahkan prajurit-prajurit Pajang. Hingga pada akhirnya Arya Penangsang berhadapan dengan Sutawijaya yang berbekal pusaka tombak kyai plered.

Dalam pertempuran keduanya ini lah kemudian Arya Penangsang terkena sabetan yang membuat isi perut dan ususnya terurai keluar. Lalu dia menggunakan keris kober tersebut untuk mencoba menghentikan pendarahan, namun dia ceroboh hingga berujung maut untuk dirinya sendiri.

Konon katanya keris ini memang membawa hawa panas dan membuat pemakainya mudah tersulut emosi hingga kemudian membuat kecerobohan yang membawa kepada maut. Semenjak kejadian itu, kisah tentang keris setan kober dan juga keberadaan dari keris ini sudah tidak pernah terdengar lagi.

Bahkan ada yang menyebutkan bahwa keris ini sudah dimusnahkan karena memiliki hawa panas dan juga efek buruk untuk pemakainya yang akan membawa pada kecerobohan dan maut. Jika ada yang mengatakan bahwa mereka memiliki keris asli ini, maka bisa dipastikan bahwa itu hanya mengada-ngada.