Misteri Jembatan Suramadu di Balik Kemegahannya

Kalau berbicara soal Madura, kita pasti ingat dengan sate ayam khas Madura yang kelezatannya sudah tersohor di seluruh Indonesia. Tak hanya itu saja, Madura juga terkenal dengan tempat wisatanya yang menarik. Namun, selain kedua hal tersebut ada hal yang lebih sering diingat dari Madura, yakni Jembatan Suramadu.

Jembatan terpanjang di Indonesia ini menghubungkan Surabaya dan Madura. Sedikit mengulas fakta mengenai Jembatan Suramadu, jembatan sepanjang 5.438 meter ini dibangun pada tahun 2003.

Peresmian awal pembangunan jembatan dilakukan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri. Pembangunan jembatan rampung pada tahun 2009 dan segera diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dibutuhkan dana sekitar 4,5 triliun rupiah untuk membangun jembatan yang berfungsi untuk mempercepat pembangunan di Madura dalam bidang infrastuktur dan ekonomi.

Berbeda dengan jalan tol lain, tol Jembatan Suramadu ini memperbolehkan kendaraan bermotor roda dua masuk di jalur khusus yang memang dibuat di tepi jembatan. Di samping itu, jembatan yang fenomenal ini juga tampak luar biasa megah dan menarik terutama di malam hari ketika lampu-lampu jembatan sudah menyala.

Akan tetapi, siapa yang menyangka jika ada banyak misteri Jembatan Suramadu yang mungkin belum terekspos secara terang-terangan? Bahkan, misteri di jembatan ini banyak berhubungan dengan dunia gaib. Penasaran? Simak misteri Jembatan Suramadu yang berhasil dirangkum oleh kami ini.

  1. Gerbang Tol yang Merupakan Bekas Makam

Misteri Jembatan Suramadu yang santer terdengar dari masyarakat yang tinggal di sekitar jembatan ini adalah gerbang tol yang dahulu adalah makam. Berdasarkan cerita yang beredar, ada sebuah makam besar yang posisinya tepat berada di gerbang tol.

baca juga artikel berikut ini : Misteri Dan Mitos Di Gunung Kawi

Demi kepentingan pembangunan jembatan, maka tanah pemakaman tersebut dipindahkan. Ada yang mengatakan bahwa ada satu jasad yang masih utuh ketika proses pemindahan makam. Padahal, tidak ada yang meninggal dalam beberapa hari terakhir sebelum pemindahan makam.

  1. Kematian para Pekerja Korea

Masih dari cerita yang beredar dari mulut ke mulut. Kali ini adalah misteri kematian para pekerja Korea yang dipekerjakan di Jembatan Suramadu. Untuk membangun jembatan, Indonesia mendatangkan banyak pekerja kasar dari negeri ginseng.

Ada yang mengatakan bahwa pekerja Korea tersebut adalah narapidana yang divonis hukuman 15 tahun dan sudah menjalani masa tahanan 10 tahun. Pemerintah Korea menjanjikan akan membebaskan mereka setelah jembatan selesai.

Para pekerja ini diberi tempat tinggal di dalam tiang pancang utama jembatan. Sebelum pengecoran, rangka tiang pancang menjadi tempat tinggal para pekerja Korea yang jumlahnya sekitar 20 orang.

Namun naas, ketika para pekerja Korea ini istirahat tidur siang hari, mereka disiram dengan berton-ton material beton sehingga terkubur hidup-hidup. Konon, ini adalah permintaan tumbal penunggu di wilayah pembangunan jembatan.

Belum jelas kebenaran dari misteri Jembatan Suramadu yang satu ini. Ada yang mengatakan bahwa informasi mengenai pekerja Korea yang dikubur hidup-hidup sebagai tumbal adalah hoax. Namun, ada juga yang membenarkan cerita ini.

 

baca juga artikel berikut ini : 2 Tempat Paling Angker di Kediri

  1. Siluman Ular Besar “Penjaga” Jembatan Suramadu

Percaya atau tidak, misteri Jembatan Suramadu kali ini akan membahas seputar siluman ular besar yang menjadi “penjaga” di Jembatan Suramadu. Bagi yang memiliki kemampuan untuk melihat mahluk gaib, katanya sosok siluman ular ini masih sering berkeliaran di sekitar jembatan.

Dusun Sekarbungoh yang letaknya sangat dekat dengan Jembatan Suramadu memiliki sebuah mushola tua. Ketika para pengembang jembatan ingin merenovasi mushola tersebut, salah seorang warga bercerita bahwa semalam ia bermimpi didatangi siluman ular tersebut yang tidak memperbolehkan renovasi mushola tua itu.

Akhirnya, mushola itu tetap dibiarkan begitu saja hingga sekarang. Sosok siluman ular ini tidak mengganggu aktivitas manusia di sekitar jembatan. Menurut orang pintar di kawasan ini, siluman ular ini memang bertugas untuk “menjaga” kawasan jembatan ini.

Nah, itulah beberapa Misteri Jembatan Suramadu di Balik Kemegahannya. Semoga pembahasan kita kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.