Cerita Mistis Di Pulau Onrust

Keindahan pulau onrust sangat menarik perhatian warga yang berkunjung ke pulau-pulau sekitar misalnya pulau bidadari, pulau cipir, dan pulau kelor. Sehingga, pulau ini kerap kali menjadi objek berfoto untuk pra wedding maupun sebagai latar belakang photography lainnya.

Pulau Onrust pun tidak jauh dari pulau jawa, pulau bidadari, pulau kelor, dan pulau cipir. Dahulu kala, di pulau inilah kapal-kapal Belanda berlabuh sebentar sebelum memasuki Batavia (Jakarta pada waktu itu).

Pulau Onrust juga merupakan salah satu pulau yang cukup bersejarah bagi bangsa Indonesia dan terkenal mistis karena pulau ini tidak terlepas dari sejarah kelam para penjajah zaman penjajahan Belanda dan Jepang.

 

baca juga artikel berikut ini : 3 Pulau Mistis di Kepulauan Seribu

Menurut penjaga pulau tersebut, sering sekali terdengar suara misterius hingga penampakan yang cukup menyeramkan. Terkait sejarah, pulau ini sebagai tempat karantina bagi bangsa Indonesia yang baru menunaikan haji karena pemerintah Hindia-Belanda khawatir akan jemaah haji Indonesia membawa virus yang menular seperti TBC.

Selain itu, pemerintah Hindia-Belanda khawatir jika para jamaah haji membawa pengaruh buruk bagi pihak Belanda. Pada tahun 1933, pulau Onrust beralih fungsi menjadi tempat tahanan bagi para pemberontak dan orang-orang yang dianggap berpengaruh bagi warga Indonesia.

Kemudian pada masa pemerintahan Jepang pulau onrust dijadikan tempat eksekusi bagi para tawanan yang melanggar serta berkhianat pada kekaisaran jepang. Hal ini terbukti akan adanya makam kuni yang tidak memiliki nama di pulau ini.

Noni Belanda menjadi momok pulau ini, legenda noni belanda yaitu hantu Maria Van de Velde. Makhluk yang sering menampakan diri menggunakan busana khas Belanda.

 

baca juga artikel berikut ini : 3 Lukisan Berhantu Yang Menyeramkan

Menurut kisah diceritakan sebelum kematiannya ia kecewa karena pada hari pernikahannya sang kekasih tidak kunjung datang, karena pernikahan tersebut tidak disetujui oleh orang tuanya dengan diikutsertakan oleh orang tuanya kedalam pasukan militer Belanda agar ia tewas.

Peristiwa itu membuat Maria menunggu sang calon suami kemudian setelah mengetahui calon suaminya telah meninggal lebih dahulu ia kecewa dan akhirnya bunuh diri kemudian dikuburkan lengkap dengan baju pengantinnya di pulau ini.

Kuburan Maria ini kemudian dijadikan sebagai salah satu kuburan Belanda yang keramat karena disekitar kuburan ini pada malam hari sering muncul sosok hanntu Maria dan tentara zaman Belanda.