Cerita Legenda Wisata Alam Danau Toba

Siapakah yang tidak mengenal danau toba? Danau Toba merupakan sebuah tempat wisata yang ada di Pulau Sumatra. Lebih tepatnya, wisata alam tersebut berada di Provinsi Sumatra Utara. Wisata alam Danau Toba memang menyajikan pemandangan yang sangat menakjubkan.

Nuansa alam disekitar wisata yang terkenal di Provinsi Sumatra Utara memang sangat mengasyikkan. Birunya air Danau Toba mampu menyejukan pandangan mata bagi para wisatawan yang mengunjunginya.

Rasa penat yang mendera akan hilang seketika saat menyaksikan pesona alami dari pariwisata di Sumatra Utara. Di balik keindahan alam danau terkenal di Pulau Sumatra ini, ternyata menyimpan sebuah kisah di dalamnya. Kisah tentang tempat wisata alami ini terkenal dengan sebutan legenda Danau Toba.

Kisah Danau Toba Yang Melegenda

Danau toba merupakan sebuah tempat wisata alami yang sangat terkenal. tempat ini menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. ternyata di balik keindahan danau alami tersebut menyimpan sebuah kisah tentang asal usul danau toba.

baca juga artikel berikut ini : Penampakan Pocong Di Area Pendakian Gunung Semeru

Di zaman dahulu kala hidup seorang petani laki – laki yang sebatang kara. Setiap harinya ia bekerja di ladang dan terkadang mencari ikan di sungai. ia melakukan semua pekerjaan tersebut dengan semangat.

Bahkan rasa lelah yang mendera tubuh tidak ia rasakan. Hal tersebut ia lakukan guna mencukupi kebutuhan hidupnya. Pada suatu waktu, sang petani tersebut pergi ke sungai untuk memancing ikan.

Sesampainya di sungai, ia langsung memasang umpan pada mata pancing dan melemparnya kesungai. Telah terbayang dibenaknya ia kan mendapatkan ikan yang besar. Setelah beberapa lama, umpannnya disambar ikan.

Dengan cekatan ia mengangkat kailnya agar ikan tidak lepas, terpampang di depan matanya ikan berukuran besar. Akan tetapi terjadi sebuah keanehan, ikan tersebut bisa bicara dan meminta pada petani untuk mengembalikannya ke air.

ketika dimasukkan ke dalam air, tiba – tiba ikan tersebut berubah menjadi putri yang sangat cantik. Akhirnya sang petani muda pun jatuh cinta dan akhirnya mereka berdua menikah.

baca juga artikel berikut ini : Misteri Goa Jomblang Di Gunung Kidul

Diantara petani dan putri jelmaan ikan tersebut terdapat sebuah perjanjian dimana mereka tidak boleh berbicara atau mengungkit tentang asal usul istrinya tersebut kepada siapapun.

Setelah beberapa lama menikah, akhirnya kedua pasangan suami istri tersebut dikaruniai seorang anak laki – laki. Putra mereka ini diberi nama Samosir. Keluarga kecil tersebut menjalani hari-hari mereka dengan penuh kebahagiaan.

Suatu hari, sang ibu memerintahkan Samosir untuk mengantarkan bekal keladang tempat ayahnya bekerja. Bekal ini menjadi makan siang ayah Samosir. Karena masih anak – anak, Samosir pun bermain – main dahulu selama perjalanan keladang.

Ia terlena akan tugas dari ibunya untuk mengantarkan bekal kepada sang ayah. Bahkan ia malah memakan bekal tersebut. Ketika tersadar, matahari sudah agak condong kebarat. Dengan tergesa – gesa ia mengantarkan sisa bekal kepada ayahnya.

Ketika mengetahui bekalnya tinggal sedikit, sang ayah pun murka. Ia memarahi Samosir dan mengantarkannya sebagai anak ikan. Secara tidak sadar sang ayah telah melanggar janjinya sendiri. Kemudian hal buruk pun terjadi.

baca juga artikel berikut ini : Burung Wiwik, Mitos Burung Pembawa Kematian

Tiba – tiba daerah tempat tinggal petani mengalami hujan deras. Hujan deras tersebut menyebabkan banjir. Ternyata banjir ini terjadi akibat sang ayah melanggar janji dengan istrinya. Kemudian istri dari petani tersebut memerintahkan samosir untuk pergi ke puncak bukit.

Lama – kelamaan air pun semakin banyak dan menenggelamkan tempat tersebut. Samosir selamat karena sampai dipuncak bukit. Puncak bukit tersebut sekarang menjadi daratan dan diberi nama Pulau Samosir

Demikianlah cerita tentang legenda Danau Toba yang telah mahsyur. Benar atau tidaknya cerita tersebut tidak ada yang dapat membuktikannya. Akan tetapi terdapat masyarakat Sumatra Utara yang masih mempercayai legenda terbentuknya tempat wisata alami ini.