3 Sungai Paling Angker Di Jawa Tengah

Jawa tengah adalah sebuah provinsi yang berada di Pulau Jawa. Provinsi yang satu ini beribukota di Semarang. Daerah provinsi Jawa Tengah ini sebelah selatan berbatasan dengan Yogyakarta, timur dengan Jawa Timur, barat dengan Jawa Barat dan sebelah utara dengan Laut Jawa.

Di Provinsi yang berada di tengah – tengah Pulau jawa ini mengalir beberapa sungai yang tergolong besar. Dari sekian sungai yang mengalir di daerah ini, terdapat beberapa sungai yang dianggap angker atau bahasa jawanya wingit.

berikut ini adalah 3 Sungai Paling Angker Di Jawa Tengah, mari kita simak:

1. Sungai Bengawan Solo

Bengawan Solo termasuk salah satu nama sungai yang terkenal di Provinsi Jawa Tengah. Sungai besar yang satu ini berada di Kota Solo. Selain terkenal sebagai salah satu sungai yang tergolong besar, bengawan solo ini juga merupakan nama sungai angker di Jawa Tengah.

Setiap tahunnya, pasti ada saja orang yang meninggal dunia di sungai yang terpanjang di Jawa Tengah ini. Bahkan jumlah orang yang meninggal di sungai ini pada tiap tahunnya lebih dari satu.

baca juga artikel berikut ini : 3 Sekolah Paling Angker DI Jogja

Memang, bengawan solo terkenal sebagai sungai menyeramkan di Provinsi Jawa Tengah. Sungai ini diyakini oleh warga sekitar selalu minta tumbal manusia. Biasanya orang yang meninggal di tempat ini rata – rata sedang memancing, kemudian terseret gelombang yang besar.

Orang yang terseret gelombang tersebut akan di hanyutkan sampai bagian hilir. Saat bulan – bulan tertentu, pada sungai bengawan solo ini sering diadakan ritual meminta keselamatan.

2. Sungai Brantas

Sungai terpanjang kedua setelah bengawan solo adalah sungai brantas. Sebenarnya, sungai ini bersumber dari daerah Batu, Jawa timur dan kemudian melewati beberapa daerah di Jawa Tengah. Aliran dari sungai terpanjang kedua ini sangatlah tenang.

Akan tetapi sungai brantas ini termasuk salah satu sungai angker di Jawa Tengah. Sungai yang satu ini dikenal sebagai rumahnya para makhluk tak kasat mata. Menurut penuturan warga setempat, sungai ini selalu meminta korban atau tumbal berupa nyawa manusia.

telah banyak kejadian orang meninggal di tempat ini. Biasa korban terpeleset dan kemudian tercebur kedalam sungai yang dalam ini. Selain terpeleset, terkadang korban meninggal lantaran tergulung banjir dari sungai ini, sehingga korban tidak bisa menyelamatkan diri.

 

baca juga artikel berikut ini : Tempat Angker Di Solo Yang Paling Menyeramkan

3. Sungai Progo

Sungai angker di Jawa Tengah berikutnya adalah Sungai Progo. Sungai progo atau sering juga disebut dengan nama kali progo merupakan sebuah aliran sungai yang berhulu di Gunung Sumbing. Akan tetapi terdapat anak sungai yang yang mengalir ke sungai progo ini yang berhulu ke Gunung Merapi.

Anak sungai tersebut bernama sungai krasak,. Dari sungai krasak inilah, maka kali progo ada hubungan mistis dengan Gunung aktif di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah tersebut.

konon menurut cerita mistis yang beredar di masyarakat, sungai progo merupakan jalan untuk menuju kraton Nyi Roro Kidul di Pantai Selatan. Bahkan menurut penuturan warga sekitar, pada saat malam tertentu sering terdengar suara gamelan dari arah sungai.

Akan tetapi jika di datangi arah suara gamelan tersebut, maka suara itu akan berpindah tepat dan begitu seterusnya.

Nah, itulah 3 Sungai Paling Angker Di Jawa Tengah. semoga pembahasan kita kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.