3 Fakta Kuyang Yang Dipercayai Masyarakat Indonesia

Baru-baru ini tengah viral video di media sosial penampakan hantu Kuyang di Samarinda. Dalam video tersebut hantu Kuyang terlihat di CCTV salah satu warga di Gang 2 Jalan Slamet Riyadi kota Samarinda.

Hantu Kuyang bukan kali ini saja menjadi topik hangat perbincangan publik. Sebelumnya Kuyang pernah ramai dibicarakan saat presiden Jokowi mengumumkan perpindahan Ibu Kota Indonesia yang baru ke Provinsi Kalimantan Timur.

Pasalnya, Kuyang merupakan hantu yang berasal dari Kalimantan dan populer di sana.

Tak sedikit juga warga yang meyakini adanya sosok hantu Kuyang. Kuyang digambarkan sebagai sosok perempuan dengan rambut panjang yang menjuntai dan hanya menyisakan organ dalam. Sosok Kuyang pun dikabarkan menyerupai Leak hantu dari Bali.

baca juga artikel berikut ini : 3 Tanaman Pengusir Gangguan Makhluk Gaib

Berikut ini adalah 3 Fakta Kuyang yang Dipercayai Masyarakat Indonesia, mari kita simak:

  1. Perempuan dengan organ dalam yang menjuntai

Tak berbeda jauh dengan Leak, hantu yang ada di Bali. Hantu Kuyang adalah sosok siluman berwujud kepala perempuan dengan rambut panjang dan organ dalam tubuh yang menggantung tanpa kulit.

  1. Mencari bayi dan darah wanita hamil atau setelah melahirkan

Tak hanya sosoknya saja yang menyeramkan. Konon menurut kepercayaan warga, hantu tanpa organ dalam ini mencari bayi dan darah wanita hamil atau setelah melahirkan.

Jika Kuyang telah makan darah, maka kemampuannya akan lebih sakti dan tidak bisa dikalahkan oleh kemampuan atau kekuatan apapun.

 

baca juga artikel berikut ini : Mitos Angka 13 di Berbagai Dunia

  1. Serupa dengan Palasik Kuduang, hantu dari Minang

Kepercayaan ini tak hanya dipercaya oleh warga Kalimantan saja. Di Minangkabau, ada juga yang sosoknya mirip dengan Kuyang, bernama Palasik Kuduang. Palasik Kuduang ini sangat ditakuti ibu-ibu di Minangkabau, khususnya yang memiliki balita.

Sama seperti Kuyang, Palasik Kuduang juga mengincar anak bayi atau balita, baik yang masih dalam kandungan ataupun yang sudah mati (dikubur). Konon katanya jika palasik bertemu dengan anak balita yang sedang digendong ibunya, maka mereka akan berusaha untuk menghiburnya.

Hal ini dilakukan untuk menyerang balita tersebut dan mencari tumbal bayi dengan kepala melayang dan tubuhnya tetap berada di rumahnya.

Nah, itulah 3 Fakta Kuyang Yang Dipercayai Masyarakat Indonesia. Semoga pembahasan kita kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.