2 Misteri Yang Ada Di Pantai Santolo

Pantai adalah salah satu destinasi wisata yang cukup banyak digemari oleh masyarakat yang ada di seluruh dunia. Puluhan atau bahkan ratusan pantai di seluruh dunia kerap dipenuhi oleh wisatawan yang sedang menghabiskan waktu liburan sepanjang tahun.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak wisata pantai dengan pemandangan alam yang cukup menawan. Salah  satunya adalah Pantai Santolo yang berada di Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Meskipun popularitasnya tidak seperti Pangandaran atau Pelabuhan Ratu, namun keindahan  pantai yang satu ini pun tak kalah menarik. Hanya saja selain menawarkan pemandangan alam yang mempesona, pantai ini juga memiliki cerita menarik serta mitos yang bisa membuat orang was-was saat berlibur ke sana.

Berikut ini adalah 2 Misteri Yang Ada Di Pantai Santolo, mari kita simak:

  1. Ganasnya Ombak Pantai Selatan

Banyaknya pengunjung yang berlibur ke pantai Santolo memang menjadi anugerah tersendiri bagi masyarakat lokal. Meskipun demikian kurangnya informasi yang diterima masyarakat luar daerah mengenai pantai yang ada di selatan ini sering kali berakhir dengan sebuah bencana bagi pengunjung itu sendiri dan mungkin akan berdampak pada pengunjung pantai di masa depan.

Ketidaktahuan masyarakat mengenai fenomena ombak yang ada di pantai selatan memang menjadi salah satu hal yang menyebabkan pantai tersebut sering menelan banyak korban, baik itu tenggelam, hilang atau terseret gelombang besar.

Seperti yang kita ketahui bahwa gelombang air laut memang sering kali mengalami perubahan terutama ketika mulai pergantian musim. Dimana pada menjelang musim kemarau atau musim panas, gelombang air laut akan jauh lebih besar dan tinggi dari biasanya.

baca juga artikel berikut ini : 3 Tempat Angker di Sukabumi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang ada di Kabupaten Garut sendiri sering kali memperingatkan pada masyarakat yang ada sekitar pantai selatan untuk tetap waspada dan menjaga keselamatan ketika hendak beraktivitas di laut mengingat kondisi gelombang yang kemungkinan bisa berubah setiap waktu.

Selain itu hal lain yang juga sering menimbulkan insiden di pantai Santolo adalah kurangnya rasa waspada masyarakat mengenai kondisi alam sekitar pantai. Ketidaktahuan mereka memang menjadi salah satu penyebab utama banyaknya korban hilang atau terseret gelombang air laut.

Sepintas pantai ini memang terlihat seperti pantai-pantai lain yang ada di daerah lain. Akan tetapi banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa karang yang ada di sekitar pantai sangat curam dan bisa membahayakan pengunjung.

  1. Mitos Tumbal Nyi Loro Kidul

Banyaknya korban akibat keganasan ombak laut selatan memang kerap dikaitkan dengan sosok makhluk halus yang dipercaya sebagai penguasa laut pantai selatan, yaitu Nyi Roro Kidul.

Kepercayaan masyarakat mengenai sosok makhluk halus yang kerap meminta tumbal nyawa memang telah mengakar kuat di sejumlah wilayah, khususnya yang ada di pulau Jawa. Hampir sebagai besar masyarakat Indonesia memang tumbuh bersama dengan kisah-kisah seperti itu.

baca juga artikel berikut ini : Kisah Mistis Di Balik Indahnya Curug Nangka

Kultur budaya Indonesia yang kuat mengenai hal-hal berbau mistis yang pada akhirnya membuat mitos-mitos seperti ini jauh lebih mudah diterima dibanding penjelasan yang bersifat ilmiah.

Masyarakat yang ada di sekitar pantai pun percaya bahwa korban-korban yang hilang atau meninggal di pantai Santolo disebabkan oleh kemurkaan sang penguasa pantai yang menginginkan tumbal nyawa.

Masyarakat pun percaya dengan mitos yang menyebutkan bahwa ketika sudah ada korban nyawa, biasanya ikan-ikan akan semakin banyak. Padahal kenyataannya hal tersebut terjadi akibat perubahan suhu laut, dimana suhu air dalam yang semakin dingin membuat ikan-ikan bermigrasi menuju wilayah darat yang lebih hangat.

Selain itu ada pula mitos yang mengatakan bahwa penguasa laut pantai selatan tidak suka dengan wisatawan yang datang dari luar daerah. Hal ini pun tidak sepenuhnya benar mengingat terdapat juga nelayan setempat yang akhirnya harus kembali dalam keadaan sudah tidak bernyawa akibat keganasan ombak yang ada di pantai Selatan.

Nah, itulah 2 Misteri Yang Ada Di Pantai Santolo. Semoga pembahasan kita kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.